Setup Email G Suite via Niagahoster

Heelloooo,

Sudah lama banget nih ga bikin tulisan hehe.

Kebetulan liburan ini gw gak kemana-mana dan lagi sibuk nonton dan ngebangkai di rumah hehe. Nah kebetulan 2 hari yang lalu, gw lagi sempat setting-setting buat gsuite gw. Nah ternyata ada hal yang sifatnya crusial yang gw lewatkan saat itu yaitu pointing email dari webserver hosting gw berada ke gmail. Nah untuk kali ini gw akan sedikit berbagi pengetahuan mengetahui pointing email tersebut.
Sebenarnya tutorial seperti ini gw yakin sudah banyak dan gw yakin niagahoster sendiri sudah membuatkan tutorialnya. Tetapi balik lagi, gw tetep akan buat tutorialnya. Ini juga supaya gw inget caranya hehe. Nah untuk langkah-langkahnya sendiri sebenarnya simple sih. Berikut caranya :

  1. Lw harus punya top level domain terlebih dahulu. Disini yang gw contohkan adalah domain blog ini. Lalu coba login ke google suite. Nah disini pilih admin console ya.
    Login Admin Console

    Login Admin Console

    Disini gw akan melewati bagian setup primary email untuk admin console. Jadi gw anggap kalian sudah punya primary email yang belum dipointing. Nah itu digunakan untuk login ke depannya. Untuk tampilan admin consolenya pun bentuknya seperti ini.

    Admin Console Dashboard

    Admin Console Dashboard

     

  2. Bagian berikutnya adalah pilih titik-titik 3 yang modelnya kayak kepala kuririn hehe.  Pilih menu setup. Akan keluar dashboard seperti ini. 
    Setup Email Dashboard

    Setup Email Dashboard

     

  3. Nah pilih setup your apps lalu gmail, nanti menunya akan expand seperti berikut. Pilih google servers ya, kalau mau coba yang lain silahkan. do it with your own risk tapi ya hehe 
    Setup Email Configuration 1

    Setup Email Configuration 1

     

  4. Setelah itu pilih next akan muncul pilihan seperti ini. 
    Setup Email Configuration 2

    Setup Email Configuration 2

    Perhatikan MX Record tersebut baik-baik. Contoh diatas adalah yang sudah terhubung, yang belum terhubung biasanya ada beda-beda dikit gitu, ga mungkin bisa sama persis karena kalau sudah sama persis ya ga usa diapa-apain lagi hehe.

  5. Untuk bisa membuat susunan priority seperti gambar sebelumnya, perlu masuk ke cpanel hosting anda. Nah sekarang masuk ke cpanel terlebih dahulu. Pada menu email, pilih email routing. 
    Email Routing Configuration

    Email Routing Configuration

     

  6. Setelah masuk ke menu email routing, pilih new zone editor. Nanti akan muncul daftar domain seperti berikut.
    Choose Zone Editor

    Choose Zone Editor

     

    Choose Domain

    Choose Domain

     

  7. Pada pilihan domain, pilih manage. Akan muncul tampilan sebagai berikut. Nah supaya mudah pilih filters bagian MX. Kebetulan punya gw pointingnya sudah benar. Nah pastikan sama persis pointingnya kayak gambar dibawah.

    List MX Records

    List MX Records

Jika semua sudah benar, kembali ke halaman g suite untuk melanjutkan wizard yang sebelumnya. Setelah finisih, butuh waktu sekitar 2 hari untuk penyesuaian. Tetapi tenang saja, biasanya gak sampai 2 hari untuk pointing, paling hanya 3-4 jam maka email sudah siap digunakan.

Demikian sedikit tutorial dari gw, semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Leave a Reply