Instalasi Eslint Sublime Editor

Hi Guys,

Uda lama banget nih ga ngepost. Maklum sedang sibuk kerja hehe.
Kali ini gw sedang ada project nodejs di kantor. Project yang kali ini cukup merepotkan karena banyak sekali tools yang harus digunakan seperti travis, coverall, sonarqube dan mungkin ada yang lainnya. Tetapi yang paling merepotkan adalah membuat standarisasi terhadap koding nodejs yang dibuat sehingga mau koding menggunakan editor apapun tetap sama stylenya.

Sebelum memulai cara tutorial kali ini pastikan lw semua menggunakan sublime 3 dan telah menginstall sublime linter sebelumnya. Jika lw ingin tahu cara memasang sublime linter, silahkan lihat videonya di laracast. Ada caranya, tapi gw gamw ngasi linknya. Hahaha..

Untuk step pertama, kita download terlebih dahulu packagenya. Untuk shortcutnya klik CTRL + SHIFT + P

Eslint Install

Eslint Install

Yang dipilih adalah roadhump. Sebenarnya ada banyak, tetapi pilihan jatuh pada roadhump karena paling mudah installnya. Kalau mau coba yang lain silahkan ya, cuma gw ga buatin tutorialnya nyahahaha.

Setelah berhasil install, step keduanya adalah kita install package npm eslintnya melalui command prompt. Berikut commandnya:

Lalu setelah berhasil install eslint, maka pilih project nodejs yang ingin dibuatkan konfigurasi eslintnya. Jalankan commandnya di command prompt sebagai berikut :
Eslint Initialization

Eslint Initialization

Jika sudah berhasil, maka hasil generatenya filenya seperti berikut.

Nah untuk mengetes apakah linternya sudah jalan, maka kita coba di file index.js sebagai berikut.

Eslint Ready

Eslint Ready

Ketika diklik save, maka akan muncul error code yang memberikan kita hint untuk line berapa yang harus kita beresin nih masalahnya.

Eslint Error On Save

Eslint Error On Save

Nah, untuk modifikasinya sendiri bisa dicoba dari menu Preferences > Package Settings > Sublime Linter > Settings User.

Eslint Configuration

Eslint Configuration

Nah gampang kan cara pakainya?

Buat yang mau otak-atik sendiri silahkan ya. Khususnya jika ada yang pertanyaan kenapa sih gw pakai airbnb-base (sebenarnya disuruh sama orang kantor sih nyahaha). Sebenarnya diantara semua standard nodejs, itu yang paling strict. Karena strictnya itu lah ngebuat programmer jadi disiplin dalam membuat syntax. Dan jangan lupa diklik iklannya biar gw dapet duit ahaha

Salam super buat programmer..

Leave a Reply