Game RPG PS2 Yang Keren

By February 5, 2017Games, Indonesia

Yoh, ketemu lagi bro. Berhubung hari ini adalah hari libur, gw akhirnya memutuskan untuk main PS2 punya gw. Jujur aja, sebenarnya gw pengen banget beli PS3 cuma mahal bro hehe, trus kasetnya juga mahal bro, kagak ada bajakannya. Nah, selama gw maen PS2 biasanya gw maen game yang sendiri karena gw anak tunggal jadi gak punya teman main tuh buat berdua. Biasanya gw maen game RPG. Biasanya orang bosen tuh maen game kayak begini karena harus naik-naikin level, trus belum lagi ada teka-tekinya. Bikin bosen gitu deh, tapi gw malah seneng karena game kayak beginilah yang bisa menyita waktu gw cukup banyak untuk dapat betah lama-lama di rumah. Jadi disini gw akan share mengenai game-game RPG yang pernah gw maenin dan menurut gw recomended untuk lo mainin lagi kalo masih punya PS2 atau gak emulator PS2 di laptop.

Game pertama adalah Star Ocean Till End of The Time. Kalau disave di memory card namanya jadi SOTET. Nah berikut gambarnya :

Star Ocean Till End Of The Time

Star Ocean Till End Of The Time

Game ini bercerita mengenai seorang pemuda yang bernama fayt yang sedang berlibur ke planet bersama kedua orang tuanya dan pacarnya. Disana mereka bertemu dengan tentara yang ingin menculik ayah dan ibunya karena terdapat konspirasi di tempat kedua orang tuanya bekerja. Akhirnya Fayt berpisah dengan kedua orang tuanya dan bertemu dengan teman-teman yang memiliki visi untuk menghancurkan tentara tersebut.

Secara gameplay, RPG yang satu ini tergolong memiliki gameplay yang unik dimana pemain bisa menggunakan karakter yang disuka. ada 9 karakter yang bisa dimainkan disini. Storynya pun juga cukup seru kalau mengikuti dari awal sampai akhir. Yang paling seru dari game ini adalah ketika mengumpulkan bunny untuk mendapatkan uang. Grafisnya cukup lumayan untuk game masa itu. Dan yang paling penting, game ini cukup panjang karena terdapat 2 disc. Overall game ini gw beri 4 dari 5 bintang.

Game kedua yang seru adalah Shadow Heart : From the New World. Game RPG yang cukup diperhitungkan pada masa itu (kalau menurut gw). Berikut gambarnya :

Shadow Hearts from The New World

Shadow Hearts from The New World

Game ini bercerita mengenai seorang anak yang mempunyai cita-cita menjadi detektif bernama Jhonny Garland. Dalam beberapa penyelidikannya, dia menemukan beberapa hal aneh dimana terdapat seorang gila yang bisa membuat monster. Disisi lain muncul seorang gadis yang bisa membuat monster dan juga didampingi oleh seorang kriminal kelas kakap yang menjadi bodyguard. Bersama teman-teman barunya, Jhonny bertujuan untuk menghentikan gadis dan orang gila ini untuk menciptakan monster yang bisa merusak dunia yang ada sekarang.

Secara gameplay, game RPG ini memiliki pola permainan yang berbeda dengan SOTET. Jadi kalau SOTET maennya langsung berantem di sebuah area sedangkan ini juga sama cuma pake giliran gitu. Emang agak malesin seh, ditambah lagi untuk menyerang menggunakan tanda jarum. Semakin sukses jarum mengenai sasaran maka akan menambah damage terhadap musuh. Kalau untuk story cukup oke, sayangnya selama ini gw selalu dapat bad ending story karena tidak berhasil mendapatkan tirawa. (kalau mau tahu coba aja maen sendiri hehe). Over all game ini mendapatkan 3,5 dari 5 bintang hehe.

Game yang ketiga gw maenin adalah Suikoden 4. Game ini sudah cukup terkenal dengan seri-serinya bahkan dari PS 1 sekalipun. Selain itu opening suikoden 4 merupakan the best theme dari semua seri suikoden lainnya. Berikut theme songnya :

Game ini mengisahkan mengenai seorang pemuda yang diusir dari kerajaan nan jauh di pulau sana (ga tau nama pulaunya apa). Pada saat terusir, dia bertemu dengan teman-temannya saat menjadi tentara dulu dan ingin membantunya. Gw sebenarnya gak begitu paham mengenai cerita di game ini, yang pasti pada akhirnya si pemeran utama akan melawan orang yang pertama kali menyelamatkannya di lautan (gak tahu balas budi) pada pertarungan rune.

Secara gameplay, permainan ini sama seperti Shadow Hearts dimana kita kalau menyerang harus saja bergantian. Selain itu terdapat pilihan offense, defense atau berserk (kalau gak salah). Secara story dari cerita, ya kayak yang gw bilang tadi, gw kagak begitu mengerti ceritanya, pokonya mainin trus tamat deh. Secara grafis game ini juga termasuk bisa saja, tidak ada yang istimewa. Nah overall game ini gw kasih 2,5 dari 5 bintang hehe.

Game yang keempat gw maenin adalah Tales of The Abyss. Ini merupakan game yang dibuat versi animenya di Jepang. Salah satu game yang memiliki story yang baik dan opening theme yang menurut gw oke. Berikut cuplikan videonya :

Game ini bercerita mengenai seorang anak bernama Luke Fon Fabre yang sangat manja akibat perlakuan yang diterima oleh orang tuanya yang seorang Raja. Namun, hal itu berubah ketika dia diculik oleh seorang gadis bernama Tear dan mulai melakukan petualangan bersama. Di perjalanan dia juga bertemu dengan teman-temannya untuk menghentikan peperangan antara kerajaannya dengan kerajaan lain. Namun, hal itu tidak mudah karena di petualangannya Luke mengetahui suatu hal yang membuatnya kaget yakni bahwa dia bukan manusia dan merupakan klonengan (bahasa kaskus).

Secara gameplay, game ini termasuk kategori game yang gw suka karena maennya keroyokan kayak star ocean. Sayangnya grafis dari game ini agak buruk karena kayak boneka-boneka gitu. Lalu untuk story udah gak diragukan lagi bahwa game ini memiliki story yang sangat keren karena lo bakal betah main berulang-ulang untuk melihat endingnya (kalau gw seh, waktu belum tahu web bernama youtube). Untuk karakternya sendiri mirip dengan star ocean, yakni terdapat 9 karakter. Overall game ini gw beri 4,5 dari 5 bintang hehe.

Nah, ini merupakan game RPG terakhir yang gw maenin dan ini merupakan the best game RPG di PS2 sepanjang masa. Gamenya adalah Rogue Galaxy. Game ini merupakan keluaran dari level 5. Sayangnya game ini menjadi kurang terkenal karena keluar ketika PS3 juga baru launching jadi namanya ketutup gitu. Berikut opening intro gamenya :

Game ini bercerita mengenai seorang anak bernama Jaster Rogue yang memiliki cita-cita mengelilingi seluruh galaxy yang ada di alam semesta. Pertemuannya dengan Desert Claw membuatnya dikira oleh bajak laut Dorgengoa bahwa dirinya adalah Desert Claw. Setelah ikut bergabung dengan Bajak Laut angkasa Dorgengoa, mereka pun mencari tempat yang bernama planet Eden, planet yang merupakan planet legendaris. Namun, hal tersebut tidak mudah karena mereka bertemu orang yang juga mengincar planet tersebut.

Secara gameplay, game ini sama seperti star ocean dimana maennya game keroyokan. Kalau masalah grafis game ini udah yang paling dewa dari semua game RPG pada masa itu. Grafisnya saja sudah menyerupai game-game PS3. Untuk story gamenya sendiri gw bilang termasuk keren karena menceritakan mimpi seorang anak yang ingin menjelajah galaxy dan akhirnya kesampean. Gamenya sendiri cukup panjang dan gak ngebosenin, pokonya dijamin puas deh maen game yang satu ini dan bakal main berulang-ulang. Overall gw beri semua bintang yang gw punya untuk game ini.

Demikian cerita gw tentang game RPG PS2 yang pernah mainin.

Leave a Reply