Pengalaman Jalan-jalan Ke Jepang : Part 1 ( Kawaguchiko )

By | Indonesia, Personal Life | No Comments

Pada tanggal 2 November kemarin, gw sama beberapa teman gw memutuskan untuk melakukan travelling ke Jepang. Ya ke Jepang merupakan impian gw sejak dulu. Pengen ngerasain ke negara yang sering gw liat di anime sama di film The Last Samurai. Memang negara yang 1 ini sangat menarik karena sifat orang-orang Jepang itu sendiri. Gw masi ingat salah satu potongan cuplikan dimana Captain Algren ( Algren San kalau dipanggil orang Jepangnya ) ( diperankan oleh Tom Cruise ) sangat kagum dengan kepribadian orang Jepang. Ya orang Jepang bisa dibilang adalah orang yang semenjak membuka mata sampai menutup mata sangat sadar dengan apa yang dikerjakan di hari itu. Loh bukannya biasa aja? Tar dulu, coba kalian pikirkan apa yang biasa kalian lakukan sehari-hari. Pasti pada gak sanggup kan? Karena biasanya yang kita lakukan sehari-hari adalah sesuatu yang sifatnya auto pilot. Contohnya gw bangun tiap pagi, mandi terus berangkat kantor. Trus jam 6 pulang udah gitu aja terus ampe gajian. Orang Jepang melakukan itu dengan cara yang berbeda dan mereka melakukan itu dengan sempurna. Terus apa aja sih yang gw temuin disana? Berikut sharing pengalaman gw selama di Jepang.

Read More

Naik pesawat

By | Indonesia, Personal Life | No Comments

Pada bulan Oktober dan November 2018 ini, gw sempat melakukan trip ke inggris dan jepang. Waktu ke inggris, urusan bisnis dan ke jepang untuk vacation. Benar-benar trip yang lumayan menghabiskan uang mengingat gw belum pernah pergi ke jauh semenjak tahun 2015. Tetapi bukan itu yang sebenarnya gw pengen ceritain, ya gw cuma mw berbagi pengalaman naik pesawat aja hehe. Konyol yak? ya sebenarnya ga konyol juga mengingat gw pertama kali naik pesawat pas kuliah? Sebelumnya ga pernah naik pesawat. Mari simak pengalaman gw naik pesawat karena pengalaman ini merupakan salah satu pengalaman yang cukup menarik dalam kehidupan gw. Read More

Microservice : Silver Bullet [?]

By | Indonesia, Programmer | No Comments

Beberapa waktu lalu gw sempat membaca tentang tulisan di linkedin. Kebetulan gw ga sempet save linknya jadi gak bisa dishare kemari. Tetapi ada yang menarik di tulisan tersebut yang mengatakan bahwa microservice bukan lah sebuah silver bullet untuk menyelesaikan kompleksitas yang terjadi dalam membangun sebuah produk berbasis IT. Tentu saja itu sungguh mengagetkan gw yang tahun ini melakukan rewrite besar-besaran. Perusahaan OTA tempat bekerja sekarang sedang mengalami problem yang mungkin akan dialami semua start up ketika sudah membesar nantinya. Ya hal itu adalah scaling product dimana kebutuhan product akan semakin banyak. Yang paling membahayakan ketika sudah membesar adalah dimana tim bisnis dan jajaran direksi menganggap dengan menambah jumlah resources di development semakin besar maka akan semakin cepat juga dalam hal development. Hal ini ada benar dan ada salah nya juga. Kok bisa begitu? Jadi begini ceritanya.

Read More

5 Level Kepemimpinan

By | Ethics, Indonesia, Personal Life | No Comments

Hi All,

Sudah lama sekali tidak bikin tulisan. Ada beberapa hal yang membuat gw sampai tidak sempat bikin tulisan, salah satunya semenjak adsense gw dianggap fraud. Sedih banget, bisa ketauan gw bikin fraud hiks. Tetapi itu bukan alasan gw untuk menulis. Kali ini gw akan sedikit menulis tentang buku yang gw baca yakni 5 level of leadership. Buku ini adalah karya dari John C Maxwell. Kata temen gw sih itu buku yang bagus, dan udah jadi best seller di berbagai negara. Cuma gw baru tau aja kemarin pas dikasi sama manager gw hehe. Terus gw disuruh baca dalam waktu 2 minggu. So kali ini gw akan sedikit meringkas apa saja yang gw dapat dari buku ini. Stay tune guys hehe. Read More

Kuliah : Belajar Algoritma Part 1

By | Indonesia, Programmer | No Comments

Heyho,

Uda lama banget nih ga nulis blog. Maklumlah lagi sibuk. Kali ini gw akan sedikit merefresh pembelajaran mengenai algoritma waktu gw kuliah dulu. Pas kuliah dulu, jujur saja nilai gw ga begitu bagus mengingat pelajaran ini bikin mumet apalagi kalau udah masuk pelajaran bikin-bikin piramid, tangga terbalik, tangga bolak-balik. Alamat itu rempong sekali buatnya. Nah pas uda kerja pun gw menyadari bahwa koding itu mulai terlupakan sampai suatu ketika gw mendapat soal ujian yang berhubungan dengan algoritma. Alamak rempong kali, harus belajar algoritma lagi hehe. Khusus post kali ini, gw akan sedikit membahas algoritma yang menurut gw simple, etapi belum tentu semua orang bisa ngerjainnya.

Read More